‘Inner Handsome’, Ganteng Di Bawah Kulit?

Jantan nggak selalu identik dengan kekerasan. Keren juga nggak selamanya lekat dengan wajah ganteng. Cos, kegantengan sejati ada di bawah kulit. Kok bisa?

Produser film Superman: Reborn sedang pusing abis. Mereka dikabarkan belum mendapatkan aktor yang pas untuk berperan sebagai Superman. Bukan karena nggak ada aktor yang cakep, tapi susah nian mendapatkan yang cakep dan macho. Dari sekian puluh bintang cowok yang di-casting nggak ada yang matching dengan kriteria sutradara. Dari Hollywood hingga ke Inggris, gambaran Superman seperti itu belum mereka temukan. Kebanyakan, para aktor sekarang adalah cowok pesolek.

Itu juga yang bisa diliat banyak orang dari pemeran Spiderman, Tobey Maguire. Jauh kan banget dari kesan sangar? Bandingkan dengan aktor laga macam Van Damme, Arnold Schwarzenegger, Sylvester Stallone, atau Clint Eastwood. Gaya cowok sekarang lebih mengedepankan kekasepannya (baca: kecakepannya) yang terawat rapi ketimbang tampang liar yang macho. Contohnya si Tobey Maguire dan pesepak bola Inggris David Beckham. Malah Oscar De La Hoya si juara tinju kelas … merasa sah aja tampil bersolek. De La Hoya emang cute kontras banget ama profesinya yang keras. Bandingin juga ama petinju lain macam Mike Tyson atau Lennox Lewis yang serem abis.

Tahun 80-an gaya cowok-pesolek juga udah ada. Grup musik Duran Duran yang ngetop dengan lagu Save A Prayer, tampil modis malah agak-agak feminin.

Gaya cowok-pesolek yang disebut-sebut metroseksual itu kini sedang menggusur gaya sangar. Bagi sejumlah cowok di dunia, kekekaran tubuh dan tampang sangar adalah masa lalu.

Setuju Nggak Setuju

Punya wajah ganteng buat para cowok adalah idaman. Apalagi kalau ditunjang ama bodi yang atletis. Nggak usahlah segede awaknya Ade Rai, yang penting proporsional. Bisa jadi untuk anak cowok sekarang tampang oke jadi nomor satu. Buat apa badan gede tapi wajah nggak beraturan?

So, bukan cuma kaum cewek yang mikirin soal penampilan, para cowok sekarang juga care banget dengan urusan ‘perwajahan’. Tengok aja kamar-kamar cowok sekarang, nggak cuma ada minyak rambut atau obat anti bau badan, tapi ada juga keperluan facial macam obat anti jerawat, pembersih muka sampai bedak. Malah nggak sedikit juga cowok yang rajin ke salon untuk urusan muka ama rambut.

Tentu aja nggak semua cowok setuju dengan gaya macam begini. Menurut sebagian mereka gaya metroseksual itu kebanci-bancian. Masak cowok berdandan. Cowok mah wajar aja bau ketek ama asap rokok, muka ‘berkawah’ karena bekas jerawat dan rambut kagak licin. Ke salon? Ih, amit-amit.

Inner Handsome?

Di kalangan para cewek udah dikenal luas istilah inner beauty atau beauty under skin. Filosofinya, kecantikan sejati itu datang dari dalam hati cewek, bukan kulit alias luarannya. So, biar kata tampang manis dan bodi gorgeous kayak Titi Kamal, tapi hati-nya Mak Lampir ya mana ada cowok yang mau.

Nah, sebetulnya buat cowok hal seperti itu juga harus ada. Kegantengan atau kece-nya seorang cowok nggak bisa diukur hanya dari luaran, dari bodi yang atletis atau wajah yang cute. Kalau kaum cewek punya istilah inner beauty, untuk kaum cowok barangkali inner handsome. Ini istilah untuk cowok only.

Tapi silakan coba, biar pun seorang cowok kasep (baca: handsome) tapi kalau kelakuannya a’udzubillah, semua orang bakal ngacir. Begitu pula cewek mana mau dilamar cowok yang kelakuannya kayak setan. Biar ganteng tapi kalo ulahnya bikin makan ati ya amit-amit.

Prinsip ‘kegantengan dari dalam’ ini adalah firman Allah SWT. “Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertakwa di antaramu”(Al Hujurat: 13).

Rasulullah saw. juga udah ngingetin kita kebaikan itu nggak diliat dari penampilan, tapi dari isi hati. “Sesungguhnya Allah tidak akan melihat pada rupamu dan badanmu, tapi Ia melihat pada hatimu.”

And ternyata, penampilan itu memang bisa menipu. Buktinya nggak ada penipu yang tampangnya asal-asalan. Rata-rata memaniskan diri mereka supaya meyakinkan calon korbannya. Cowok yang banyak gombalnya awalnya disukai tapi pait di ujungnya. Bakal dijauhin.

Tentu saja penampilan cowok makin komplit kalau ia bertakwa, baek, lalu ganteng en atletis. Pasti ia jadi idola banyak orang. Moga-moga kamu jadi yang seperti itu. Amin.[januar]

Agar Kamu Punya Inner Handsome

Supaya kamu jadi cowok yang ber-inner handsome, ada beberapa karakter yang kudu kamu miliki. Mau? Baca aja en amalkan!

Relijius (baca: beriman)

Nggak ada cowok yang demikian baik kalau ia nggak beriman. Cowok yang relijius bawaannya juga kalem, sopan dan optimistik. Kedekatannya ama Allah membuat ia jadi orang yang sadar sesadar-sadarnya kalau hidup itu adalah ladang beramal soleh. Dari sini akan muncul akhlakul karimah atawa aneka perbuatan yang menyenangkan orang lain. Ia juga akan menjaga hubungannya ama lawan jenis dengan ati-ati, karena nggak mau melukai perasaan mereka dan jadi dosa.

Jujur

Kejujuran sikap yang disukai banyak orang. Nah, sikap jujur ini kudu dimiliki para cowok kalau mereka mau jadi orang yang inner handsome, disukai banyak orang en pastinya Allah SWT. Berpura-pura atau memanipulasi penampilan dan sikap emang bisa diterima baik, tapi begitu ketauan ‘belangnya’, orang bakal menjauh. So, nggak usah deh sok jaim atau mengkamuflase diri di depan orang lain. Itu namanya carmuk (cari muka) atau caper (cari perhatian).

Nothing to loose

Percaya aja, nggak ada orang yang suka ama cowok yang kagak mau ngalah, apalagi kala udah jelas-jelas kalah en salah. Sikap keras kepala atau suka ngeles malah membuat dirimu ‘jatuh’ di depan orang lain. Sebaliknya mengakui kekalahan dan kesalahan akan nambah nilai plus buat dirimu. Itu berarti kamu emang gentle.

Sabar

Ada mitos yang salah soal dunia cowok, katanya, kalau ngadepin masalah “pukul baru tanya”. Anak cowok emang udah kepalang didoktrin kudu ngeduluin ototnya ketimbang otaknya. Mereka yang ogah berantem sering dicap banci. Akhirnya, seringkali untuk urusan yang sepele anak-anak cowok sering berantem. Padahal sikap emosional atau brangasan kayak begitu dibenci banyak orang. Alih-alih ngeberesin masalah, malah nambah masalah. Banyak orang yang lebih suka dengan cowok kalem, rasional dan tenang dalam menghadapi masalah. Bukannya yang maen pukul.

Bertanggung jawab

Cowok yang ber-inner handsome adalah yang bertanggung jawab. Dia berani menanggung resiko seberani dia mengambil tindakan. Tau kan kasus Amanda Davina yang dibunuh pacarnya, Ronald? Gara-gara minta pertanggungjawaban akibat dihamili, eh tuh cowok malah nyekek kekasihnya sampai mati.

Sebesar apapun kesalahan yang pernah dikerjakan, seorang cowok yang baek, kudu siap bertanggung jawab. Pasalnya, kalau pun ia bisa lolos dari bertanggung jawab di depan manusia, apa bisa lolos di depan Allah nanti? Kagak la yauw!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: