Berobat dengan Madu

Oleh: Zoji Jazuli

Sering kita mendengar pepatah bahwa madu (mel depuratum) adalah rajanya obat. Istilah ini ada benarnya, sebab madu banyak digunakan dalam membantu pertumbuhan sel-sel mati juga membantu mempercepat penyembuhan. Madu juga sering menjadi bahan dasar pembuatan obat-obat tradisional untuk berbagai jenis penyakit.

Banyak jenis rempah atau makanan yang bisa dicampurkan dengan madu dan menjadi obat yang cukup berkhasiat mengobati bahkan menyembuhkan penyakit-penyakit. Bisa juga jenis obat seperti ini membantu penyembuhan dan pemulihan dari penyakit. Asal kita tahu tehnik dalam mencampur dan menggunakannya maka madu sangat serat dalam menyembuhkan penyakit.

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, madu banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Cocok digunakan dan dipadukan dengan makanan yang berjenis panas maupun dingin, karena sifatnya yang kompleks.

Madu serat dengan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah jika ingin mencoba khasiat madu mari kita racik madu sesuai dengan pasangannya agar menghasilkan obat yang dibutuhkan untuk penyakit yang diderita.

Siapapun anda, pasti bisa meraciknya dengan baik.

Satu campuran

1. Madu dan pisang

Madu dan pisang dapat membantu mengurangi bahkan menyembuhkan penyakit maag dan berbagai permasalahan pencernaan yang diakibatkan telat makan dan kondisi stress.

Caranya:

Satu buah pisang (jenis apa saja) dipotong kecil-kecil trus dicampur 2 sendok makan madu. Diaduk sebentar, kemudian biarkan pisang dan madu menyatu selama kurang lebih 30 detik. Makanlah pisang madu ini selama seminggu berturut-turut waktu bangun tidur sebelum makan dan minum apa-apa.

2. Madu dan kunyit

Madu dan kunyit dapat membantu menyembuhkan penyakit panas dalam, amandel, lambung dingin atau panas, asam lambung kebanyakan dan kangker selaput lambung.

Caranya:

Satu ruas kunyit ditumbuk gepeng dan dicampur sedikit air panas (tidak sampai ¾ gelas kecil) lalu campurkan 2 sendok makan madu, diaduk! Minumlah sehari 2x siang dan malam setelah makan.

3. Madu dan mentimun

Madu dan mentimun apabila dicampur, membentuk enzim ekstrak yang dapat membantu meringankan peradangan tenggorokan yang diakibatkan keracunan makanan tertentu, atau yang diakibatkan oleh kekeringan dan panas cuaca. Dapat juga membantu meringankan kadar kolestrol didalam selaput jantung.

Caranya:

Mentimun dikupas dan dipotong kecil-kecil hingga keliatan airnya, kemudian dicampur dengan madu. Makanlah seperti rujak. Satu mentimun yang berukuran sedang dapat dicampur dengan 2 atau 3 sendok makan madu. Makanlah rujak madu dan mentimun ini siang hari, akan mempercepat penyembuhan peradangan yang sedang terjadi.

4. Madu dan jeruk nipis

Madu dan jeruk nipis dapat juga membantu penyembuhan sakit tenggorokan kering dan berlendir atau bahkan batuk sekalipun. Dapat pula membantu meringankan radang pembuluh pernafasan (pneumonia) yang diakibatkan oleh flek paru-paru.

Caranya:

Belahlah jeruk nipis menjadi dua bagian. Peraslah setengah bagian jeruk nipis tadi kedalam wadah. Campurkan satu sendok makan air hangat dan madu murni. Aduk dan minumlah setiap hari. Baiknya diminum sebelum tidur. Bagi yang menderita penyakit maag dianjurkan meminumnya setelah makan dan tidak boleh lebih dari 8 hari.

5. Madu dan jahe (zingiberis rhizoma)

Madu dan jahe dapat menyembuhkan penyakit reumatic dan sejenisnya dengan kapasitas stadium yang ringan namun apabila sudah akut maka madu dan jahe hanya bisa meringankan penyekit-penyakit ini.

Caranya:

Tumbuklah seruas jahe segar sampai keluar isi airnya. Seduh dengan segelas air mendidih kemudian masukan 2 sendok makan madu lalu aduk. Minumlah air madu dan jahe ini tiap malam sebelum tidur. Jika sakitnya menyerang anda tempelkan ampas jahe yang sudah dicampur garam terlebih dahulu dan teteplah minum jahe dan madu ini secara teratur dan kontinyu.

6. Madu dan susu

madu dan susu dapat menyeimbangkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh dengan optimal dan dapat digunakan untuk penetralisir racun yang diakibatkan oleh racun makanan-makanan basi atau kadaluarsa.

Caranya:

Campurkan 2 atau 3 sendok makan madu kedalam segelas susu yang sudah dihangatkan terlebih dahulu. Susu cair yang siap diminum lebih baik dari pada susu bubuk. Kalau menggunakan susu bubuk sebaiknya tidak dicampur dengan gula.

7. Madu dan susu kalsium

Madu dan susu kalsium bermanfaan untuk mencegah pengkroposan tulang (osteoporesis) dini. Dapat juga membantu meringankan rasa nyeri pinggang untuk ibu-ibu yang sedang hamil. Untuk orang yang sudah berumur 40 tahun keatas juga bagus mengkonsumsinya agar tidak terjadi osteoporesis yang berlebihan.

Caranya:

Didihkan 1½ gelas air dicampur dengan sesendok makan madu. Jika berbentuk susu cair makan didihkan susu dengan sesendok makan madu. Minumlah selagi hangat 2x sehari. Bagi ibu-ibu yang sedang hamil mintalah izin atau resep dokter bila menggunakannya.

8. Madu dan yuogutr

madu dan yuogutr berkhasiat dalam melancarkan pencernaan dan mencegah sakit maag. Bisa juga membantu menyembuhkan sakit-sakit perut seperti kembung, perih dan mulas (dalam standar biasa), menghaluskan kulit dan menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

Caranya:

Campurkan satu sendok madu kedalam secangkir yuogurt lalu minumlah dengan teratur sehari sekali menjelang tidur (2 jam sebelum tidur).

9. Madu dan asam jawa

Madu dan asam jawa apabila dicampur dapat meringankan mual dan bau mulut. Dapat juga digunakan untuk menyegarkan badan yang sedang loyo dan kurang nafsu makan. Bisa juga untuk tenggorokan yang sedang kering dan batuk kering yang disebabkan cuaca yang dingin.

Caranya:

2 atau 3 kepingan asam jawa dihaluskan dengan air hangat setengah gelas, diaduk hingga rata kemudian dicampurkan dengan 1 sendok makan madu. Minumlah sesudah makan atau sebelum tidur. Untuk menambah nafsu makan minumlah 2 jam sebelum makan.

10. Madu dan karikade (reubinna)

Madu dan karikade (reubinna) dapat menetralisir tekanan darah dalam tubuh kita. Baik meningkatkan tensi darah yang rendah juga menurunkan tensi darah tinggi. Dapat juga befungsi meringankan peradangan lidah ringan, atau luka-luka pada daerah permukaan lidah. Untuk sariawan madu dan karikade juga terkadang menjadi alternatif.

Caranya:

Campurkan madu secukupnya pada segelas karikade yang siap untuk diminum. Minumlah 3x setiap hari secara teratur. Jika anda sedang terserang sariawan atau luka-luka didaerah permukaan lidah berkumur-kumurlah selama 15 detik dengan setengah gelas ramuan ini, setengah gelas yang lainnya untuk diminum.

11. Madu dan garam

Madu dan garam dapat meningkatkan vitalitas dan kebugaran tubuh. Atau baik juga untuk pemulihan dari penyakit pangkal ginjal atau ginjal.

Caranya:

Seduhlah 2sendok makan madu dengan ¼ sendok teh garam dapur dengan segelas air hangat, aduk dan minumlah setelah 2 jam meminum obat sakit ginjal atau pangkal ginjal (hanya untuk pemulihan penyakit bukan obat pokok). Untuk vitalitas dan kebugaran tubuh minumlah setelah berolahraga atau sebelum pergi kerja dan sekolah.

12. Madu dan tomat

Madu dan tomat dapat memperbanyak proses pembuatan atau pertumbuhan sel-sel seperma dan menormalkan perjalanan indung telur kerahim. Dapat juga memperbaiki fungsi prostat dan kerja testis dengan baik.

Caranya:

2 buah tomat yang berukuran sedang (tidak terlalu besar) dijus dan dicampur dengan 2 sedok makan madu murni. Minumlah 2x sehari pagi dan malam. Baik juga diminum 2 jam sebelum dan sesudah berhubungan dengan pasangan.

13. Madu dan kulit jambu

Dapat menguatkan usus dan pencernaan apabila mengkonsumsinya dengan rajin dan rutin. Dapat juga meringankan keluhan lambung karena maag atau perih. Melancarkan pencernaan dan mempermudah BAB (buang air besar).

Caranya:

Sebuah jambu yang masih mengkal dikerok dan diambil kulitnya trus cincang sampai hancur. Campurkan 1 sendok madu kemudian diaduk. Biarkan madu dan cincangan kulit jambu menyatu selama kira-kira 5 menit. Makanlah setiap habis makan siang dan malam dengan rutin. Untuk mencegah penyakit maag dan pencernaan yang lainnya bisa dimakan 1x sehari setelah makan siang.

14. Madu dan buah appel

Madu dan appel dapat melancarkan pencernaan dan juga membantu menstabilkan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh saat diet. Dapat juga berfungsi menurunkan berat badan bila dimakan sesuai dengan aturan. Mengobati asam lambung yang berlebihan, kangker empedu dan pendarahan selaput lambung dan pangkalnya.

Caranya:

Potonglah sebuah appel kecil-kecil dan campurkan 1 sendok makan madu, aduk hingga rata. Makanlah saat-saat iseng seperti memakan rujak,baik untuk lambung dan empedu apabila dikonsumsi dengan rutin. Apabila anda sedang diet makanlah sesuai anjuran dokter anda.

15. Madu dan buah mengkudu

Mengkudu mengandung zat ekstrak untuk menurunkan tensi darah tinggi. Apabila dipadukan dengan madu maka zat ekstrak itu bertambah khasiatnya. Dapat juga mengobati berbagai kangker disekitar pencernaan seperti kangker lambung, usus, empedu, prostat, kantong kemih dan pembuluh ginjal.

Caranya:

Satu buah mengkudu dijus dan dicampur dengan sedikit madu (asal rata) atau dimakan begitu saja dengan dioleskan madu. Bila anda menderita kangker disekitar pencernaan maka rutinlah memakannya selama 1 bulan berturut-turut, setiap harinya sekali. Bila anda menderita darah tinggi cukuplah mengkonsumsinya dengan rutin seminggu 3x.

16. Madu dan air hangat

Satu atau dua sendok madu plus segelas kecil air hangat dapat membatu menurunkan nyeri kepala karena kecapean atau kurang tidur. Juga dapat berfungsi meringankan pegal-pegal pada leher dan punggung sehabis bekerja keras.

Caranya:

Aduklah satu atau dua sendok makan madu ke dalam satu gelas kecil air hangat dengan rata. Minumlah sebelum bekerja dan sesudahnya kalau anda merasa sering pegal setelah bekerja. Atau minumlah sebelum tidur jika anda mengidap sakit kepala.

17. Madu dan bawang putih

Madu dan bawang putih jika dipadukan dapat membuat zat ekstrak yang sempurna untuk meningkatkan stamina tubuh yang sedang menurun, dapat juga meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh sekaligus mengurangi debaran jantung yang berdegup kencang. Terkadang bagi sebagian orang dapat juga mencegah kantuk yang terus-menerus. Melancarkan kencing dan dapat membantu proses ginjal.

Caranya:

Satu siung bawang putih yang sedang atau dua siung yang kecil dipotong halus kemudian diseduh dengan segelas kecil air mendidih kurang lebih 90ْC, campurkan 1 sendok madu kemudian aduk. Minumlah setelah melakukan aktivitas. Bagi penderita kantuk yang berlebihan minumlah setelah ramuan ini dingin.

18. Madu dan tebu

Campuran keduanya juga dapat meningkatkan energy tubuh dan membantu pertumbuhan daya tahan tubuh. Dapat menghangatkan badan dengan cepat dan nyaman. Membantu mempermudah buang air besar dan kecil juga baik untuk ginjal.

Caranya:

Campurkan 1 sendok teh madu kedalam ½ gelas kecil, atau 8 sendok makan air tebu yang sudah diperas. Kemudian minumlah 1x sehari untuk meningkatkan energy tubuh. Jika lelah sehabis bekerja campurkan air tebu kira-kira 1 gelas kecil dengan 1 sendok makan madu kemudian hangatkan diatas api (cukup 50ْC), minumlah setelah bekerja setiap dua hari sekali.

19. Madu dan buah tien

Buah tien dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dan darah. Jika dipadukan dengan madu maka khasiatnya bertambah dan penurunan asam urat dalam tubuh dan darah akan cepat bereaksi.

Caranya:

Madu dan buah tien diblender halus dengan air hangat, minumlah setiap malam selama kurang lebih satu minggu. Bagi penderita asam urat yang cukup tinggi dan sudah sampai ketahap pembengkakan disekitar sendi-sendi, minumlah dengan teratur 2x sehari selama kurang lebih 15 hari. Ukuran 2 sendok madu, 3 buah tien dan segelas air.

20. Madu dan buah semangka

Madu dan buah semangka bisa menyembuhkan penderita penyakit asam urat (serum uric acid) yang sudah akut, dapat juga untuk sakit pinggang disebabkan kurangnya cairan didalam tubuh. Terkadang baik juga penderita kekeringan selaput dan pangkal ginjal.

Caranya:

Buah semangka yang sedang dipotong-potong kecil, seperti potongan semangka untuk dimakan biasa. Kemudian direbus dengan 2 gelas air. Jika pada penderita asam urat maka kulitnya jangan dibuang. Setelah mendidih angkat dan dinginkan. Campurkan 1 sendok makan madu putih atau madu asli kedalam segelas besar jus semangka rebus. Minumlah 2x sehari. Bagi penderita ginjal minumlah diwaktu malam menjelang tidur dan dipagi hari sebelum sarapan.

21. Madu dan zaitun

Buah zaitun mengandung zat yang sempurna dan kompit untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Dapat juga menyembuhkan tegang jantung yang diakibatkan penyempitan pembuluh darah. Baik dikonsumsi untuk pencegahan penyakit keputihan. Bila digabungkan dengan madu, kesempurnaan itu akan bertambah untuk mengobati luka lambung.

Caranya:

Campurkan 2 sendok minyak zaitun dengan sesendok makan madu, diaduk kemudian campurkan ½ gelas air hangat, minumlah setiap pagi sebelum beraktivitas. Dapat juga mencampurkan madu dan minyak zaitun kedalam setiap masakan seperti salt, atau sayur-sayuran. Buah zaitun juga bagus dikonsumsi dengan mencampurkan madu didalamnya.

22. Madu dan keju

Madu dan keju dapat menambah kekurangan kalsium juga kalium tulang. Baik juga untuk pertumbuhan tulang dan gigi, juga rambut. Bagi ibu yang hamil bagus dikonsumsi menurut resep dokter, atau menjadi makanan iseng (ngemilk).

Caranya:

Campurkan keju dan madu kedalam roti. Makanlah dengan teratur seminggu 3x. Jika anda berada pada musim dingin dan salju, baik mengkonsusinya pagi dan malam setiap hari.

23. Madu dan kopi

Madu dan biji kopi mengandung zat non dehidritas yang berfungsi menghentikan pendarahan luar kulit, atau luka-luka bakar. Bisa juga menghilangkan rasa kantuk dan menambah daya tahan tubuh. Merangsang kelenjar deledorimp (kelenjar otak) untuk terus konsen terhadap sesuatu.

Caranya:

  1. untuk obat luar: campurkan sesendok madu putih dengan sesendok kopi. Aduklah dengan menggunakan setengah gelas air hangat, lalu peras. Ambillah ampas kopi dan oleskan pada luka bakar dan luka tusuk agar tidak terjadi pendarahan yang berlanjut.
  2. untuk obat dalam: campurkan sesendok madu kedalam segelas kopi yang sudah diseduh untuk meningkatkan daya konsentrasi dari dalam.

24. Madu dan mentega (margarine)

Membantu menghilangkan luka dan bekas luka bakar. Dapat juga mempercepat memberhentikan darah yang terus-menerus mengalir.

Caranya:

Campurkan ½ sendok madu kedalam ½ sendok margarine, aduk sampai rata. Oleskan luka dengan menggunakan campuran ini. Balut luka yang sudah dioles dengan perban.

25. Madu dan kentang rebus

Membantu melancarkan dan meningkatkan proses metabolisme didalam tubuh. Dapat juga membetuk zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menetralisir asam labung yang berlebihan. Serat dengan kabohidrat yang tinggi dan protein madu yang dibutuhkan usus untuk meningkatkan sistem pencernaan. Melancarkan buang air besar (BAB).

Caranya:

Oleskan kentang rebus dengan madu. Diamkan selama beberapa menit. Makanlah 2 jam sebelum tidur malam. Jika anda memiliki asam lambung yang cukup tinggi, makanlah 2x sehari siang dan malam.

26. Madu dan daun mahkota dewa

Dapat menyembuhkan penyakit jantung, radang paru-paru dan penyakit lambung. Meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat setelah sakit, membantu mengurangi potensi sel-sel kangker dalam tubuh.

Caranya:

Seduh 2 lembar daun mahkota dewa selama kurang lebih 5 menit. Campurkan sesendok makan madu murni kedalam seduhan itu. Minumlah 2x sehari jika anda menderita sakit jantung dan paru-paru dan kurangi begadang. Minumlah 1x tiap hari jika anda ingin meningkatkan methabolisme tubuh setelah sakit dan jika anda menderita sakit lambung minumlah seminggu 3x.

27. Madu dan kayu manis (isorae fructus)

Dapat membantu menurunkan panas dalam, kangker hati dan sensitifitas kerja usus. Menghilangkan rasa mual, juga untuk badan pegal-pegal.

Caranya:

Seduh tiga iris kayu manis kedalam segelas kecil air panas, campurkan 2 sendok madu kedalmnya lalu aduk. Minumlah tiap malam setelah makan, atau selesai beraktifitas.

28. Madu dan kembang kol

Melancarkan peredaran darah dan membantu menuntaskan kencing yang tidak lancar. Membantu menstabilkan hormone-hormone tubuh, kerja dan peredarannya. Membantu mempercepat pergantian sel-sel mati. Baik juga untuk kulit kekeringan karena kurang cairan tubuh.

Carannya:

Campurkan 3 sendok makan madu kedalam semangkok kecil kembang kol yang sudah dipotong-potong. Diamkan selama kurang lebih 5 menit. Kukuslah kembang kol yang sudah dicampur madu selama 10 menit. Makanlah 2x sehari setelah makan. Atau baik juga untuk dijadikan lalap.

29. Madu dan kacang hijau

Membantu menyembuhkan lambung dingin, melancarkan pencernaan. Menyehatkan tubuh yang lemas dan menurunkan asam lambung yang berlebihan. Berpotensi untuk mencegah potensi hidupnya sel-sel kangker dalam tubuh. Melancarkan peredaran darah dan membantu meninggikan tensi darah.

Caranya:

Masaklah kacang hijau seperti bubur kacang biasa hingga empuk. Campurkan 5 sendok madu kedalam satu liter bubur kacang. Aduk sampai rata. Miumlah tiap malam satu mangkok atau ½ liter setelah makan atau 2 jam sebelum tidur.

30. Madu dan teh hijau

Mengandung EGCg dan quercetin yang mencegah anti oksidan yang cukup kuat. Antioksidan diketahui mampu menghindarkan sel dari kerusakan mengingat setiap kerusakan sel akan menyumbang lebih dari 50 penyakit. Membantu melangsingkan tubuh. Meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh. Melancarkan pencernaan dan dapat juga membantu BAB yang tidak lancar. Bisa juga digunakan untuk sakit kepala sebelah (migren) atau jenis syndroma.

Caranya:

Masukan sesendok teh madu murni kedalam segelas seduhan teh hijau. Aduk sampai rata. Minumlah tiap pagi dan sore setiap hari.

31. Madu dan odol

Untuk menyembuhkan kulit mengelupas dan pertolongan pertama untuk yang terkene minyak atau air panas. Dapat juga memerahkan bibir yang hitam karena rokok atau yang lainnya. Membantu mengurangi bengkak akibat memar atau terbentur.

Caranya:

Campurkan madu dan odol secukupnya aduk dengan rata. Oleskan kulit yang terkena minyak atau air mendidih dengan tipis dan rata. Oleskan tiap malam sebelum tidur didaerah bibir untuk memerahkan bibir. Atau oleskan disekitar daerah memar atau bengkak untuk mengurangi bengkak dengan cepat.

32. Madu dan daun mint (mentae arvensis herba)

Dapat menyembuhkan flu atau pilek, panas dalam, meringankan sinusitis maxilaris, hidung meler, demam dan berbagai gangguan methabolisme karena kecapean. Madu dan daun mint atau biasa juga disebut ne’na dapat juga melegakan tenggorokan yang kering dan meringankan peradangan tenggorokan.

Caranya:

Seduh 2 atau 3 lembar daun mint atau ne’na kedalam segelas air hangat. Campurkan madu secukupnya, aduk sampai rata. Minumlah selagi masih hangat. Bila anda menderita sinusitis maxilaris tumbuklah 5 lembar daun mint sampai lumat. Campurkan madu secukupnya seduh dengan air panas. Aduk hingga rata. Hiruplah aroma daun mint dengan madu tiap malam hari sebelum tidur. Baiknya campuran itu ditmbah dengan sedikit balsem agar baunya lebih menyengat.

33. Madu dan daun cengkeh (caryophylli folium)

Membantu mengurangi bronchitis dan asma. Dapat juga membantu mengurangi rasa nyeri haid dan nyeri disekitar segitiga rahasia. Membantu mengurangi keputihan dan berbagi keluhan karena keputihan.

Caranya:

Bebrapa daun cenggkeh direbus dengan 3 gelas air, sisakan 1 gelas saja. Campurkan ¼ gelas air dengan sesendok teh madu. Minumlah sekali sehari secara teratur. Bagi penderita bronchitis dan asma hindari kena angin malam dan begadang selama meminumnya. Minumlah ketika datang haid dan keputihan bagi yang sering merasa nyeri ketika haid.

34. Madu dan adas (foeniculi fructus)

35. Madu dan lobak putih

36. Madu dan daun pandan

37. Madu dan daun kucai

Dua campuran

Madu, telor dan jahe

Ramuan ini dapat meningkatkan vitalitas dan stamina yang sedang menurun. Bisa juga digunakan untuk obat kuat sebelum dan sesudah berhubungan.

Caranya:

Campurkan 1 butir kuning telor dengan 1 sendok makan madu, lalu aduk sampai rata. 1 ruas jahe ditumbuk dan dicampur dengan satu sendok makan air hangat. Campurkan dengan kuning telor dan madu yang dudah diaduk. Diamkan beberapa detik. Minumlah setiap hari atau seminggu 2x untuk menjaga stamina dan vitalitas.

Tiga campuran

Lebih dari tiga campuran

Madu, kayu manis, bawang putih, daun mahkota dewa dan daun salam

Meningkatkan vitalitas dan gairah ketika berhubungan. Melancarkan peredaran darah. Mencegah dan mengobati kangker lambung, usus besar dan ginjal. Membantu melancarakan kerja ginjal dan saluran-salurannya.

Caranya:

Satu siung bawang putih direbus dengan 1½ air. Campurkan beberapa butir kayu manis dan beberapa daun mahkota dewa juga daun salam sebelum air mendidih. Masaklah hingga airnya sampai satu gelas. Minumlah selagi hangat 2 hari sekali selama 2 minggu berturut-turut

2 Responses to Berobat dengan Madu

  1. curahanhati89 says:

    ada obat buat penghilang tumor g boz…..?

  2. Lady Diana says:

    Bagus sekali artikel nya.. Sangat menambah pengetahuan, thanks a lot. #Makin mantap dengan madu#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: