Menunda Kehamilan Berpotensi Terkena Kanker Payudara

Bagi Anda yang ingin menunda kehamilan, mungkin informasi ini penting untuk diketahui. Di Kanada, jumlah wanita penderita kanker payudara yang usianya di bawah 50 tahun meningkat

Menurut dugaan sementara, hal tersebut disebabkan karena banyaknya wanita di negara tersebut yang menunda kehamilan.

“Ini bisa jadi fakta yang menguatkan faktor resiko kanker payudara,” kata Dr.Loraine Marrett dari Pusat Peduli Kanker Ontario dan Pusat Kesehatan Masyarakat Kanada. “Penelitian kami didasarkan pada wanita yang baru menjalani kehamilan saat usianya memasuki paruh baya,” katanya.

Penelitian yang bernama Kanker Pada Dewasa Muda Kanada, menemukan jumlah kanker payudara pada wanita berusia 20 dan 49 tahun, meningkat 50,3 persen pada 100 ribu populasi di tahun 2005.

Sementara itu, usia rata-rata wanita yang melahirkan pertama kali mengalami perubahan selama beberapa dekade. Pada pertengahan tahun 1960-an rata-rata usia ibu melahirkan adalah 22 tahun, lalu bergeser menjadi 26 tahun pada tahun 1990-an.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa semakin lanjut usia ibu melahirkan, mungkin berpengaruh pada meningkatnya resiko terkena kanker payudara, terutama pada wanita yang baru menjalani kehamilan di usia 40-an. Selain faktor usia, peneliti juga menyebut tidak dilakukannya deteksi dini sebagai faktor lainnya.

Dr.Marrett mengatakan meningkatkan resiko kanker berkaitan dengan perubahan sel yang terjadi di payudara selama kehamilan dan sesudah melahirkan.

Wanita yang baru melahirkan saat berusia 35 tahun memiliki resiko 1,6 kali lebih tinggi untuk terkena kanker payudara dibanding wanita yang melahirkan anak pertamanya di usia 26 atau 27 tahun.

Calgarian Ann Pardon telah berusia 36 tahun saat ia melahirkan anak pertamanya. Menurutnya keputusan itu dibuatnya karena ia ingin berkonsentrasi dulu pada karirnya, selain itu ia dan suami memang ingin memiliki rumah sebelum mempunyai anak.

Desember tahun 2006, pada usia 44 tahun, Pardon didiagnosa terkena kanker payudara. Tetapi ia tidak yakin itu disebabkan karena ia menunda kehamilan, meski tidak ada riwayat kanker di keluarganya.

Para ahli setuju bahwa banyak faktor yang membuat seseorang terkena kanker payudara, antara lain riwayat keluarga, kepadatan dan kondisi payudara, penggunaan hormon pengganti dalam waktu lama dan meningkatnya BMI tubuh.

Wanita yang sudah menstruasi pada usia terlalu muda atau yang berhenti menstruasi di usia lanjut juga termasuk dalam kelompok orang yang memiliki resiko tinggi.

Meski jumlah penderita kanker payudara pada wanita berusia 40-an meningkat, tetapi pada saat yang sama peneliti juga menemukan jumlah wanita yang meninggal karena kanker tersebut berkurang. Bisa jadi hal tersebut disebabkan kemajuan terapi dan pengobatan penderita kanker saat ini.

2 Responses to Menunda Kehamilan Berpotensi Terkena Kanker Payudara

  1. fauzi says:

    apakah berarti wanita yang terkena kanker payudara adalah wanita yang subur ?. Salam kenal ya … : http://imamuna.wordpress.com

  2. Hana says:

    Ngeri juga membacanya.. Ini pelajaran bagus untuk orang orang muda. Trims infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: